Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Taman Balai Kemambang Purwokerto

Perumahanpwt.web.id - Hallo sobat kali ini akan membahas sejarah taman balai kemambang purwokerto yang sekarang menjadi mas kemambang purwokerto, mari kita simak.

Sejarah Taman Balai Kemambang Purwokerto

Taman Rekreasi Balai Kemambang merupakan salah satu destinasi wisata Purwokerto yang sedang diupayakan promosinya oleh pemerintah kepada masyarakat. 

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menikmati kegiatan rekreasi yang menyenangkan di sini. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dengan danau buatan dan taman yang memikat.

Taman ini diresmikan oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein pada tanggal 24 Februari 2014 sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bertujuan untuk menghijaukan pusat-pusat kota.

Terletak di Kelurahan Bancar kembar Purwokerto, Jawa Tengah, Taman Balai Kemambang memiliki luas lahan sebesar 1,2 hektar. Taman ini dilengkapi dengan kolam besar yang dikelilingi oleh pepohonan, taman, dan jalur lari. 

Di samping itu, taman ini juga menyediakan fasilitas taman bermain yang lengkap, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain-lain. 

Kolam yang memiliki kedalaman 1,6 meter ini juga menjadi rumah bagi ikan berwarna-warni yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kenapa dinamakan “Taman Balai Kemambang” 

Asli dari Banyumas, kata "Balai" dan "Kemambang" memiliki makna tersendiri. "Balai" mengacu pada suatu tempat yang biasanya digunakan untuk sarasehan atau duduk-duduk santai sambil berbincang-bincang. Sementara itu, "Kemambang" berarti mengapung dalam bahasa Indonesia. 

Jadi, "Balai Kemambang" dapat diartikan sebagai suatu tempat untuk bersantai yang terasa seolah-olah mengapung.

Apakah Benar-benar mengapung ?

Benar, Balai Kemambang memang terasa mengapung karena berada di atas kolam seluas sekitar 250 meter persegi. 

Di tengah-tengah kolam, terdapat sebuah balai kecil yang terapung di atas air. Untuk bisa masuk ke Taman Balai Kemambang, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 2.500,- untuk dewasa dan Rp. 1.000,- untuk anak-anak. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sekian sobat mengenai sejarah taman balai kemambang purwokerto, semoga inforamasi di atas dapat bermanfaat.

Artikel Lainya Tentang Wisata Purwokerto

Posting Komentar untuk "Sejarah Taman Balai Kemambang Purwokerto"