Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Rekomendasi Tempat Makan di Purwokerto


Perumahanpwt.web.id - Hai sobat, kali ini akan berbagi tentang rekomendasi tempat makan di Purwokerto paling dicari oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke kota ini

Purwokerto, ibu kota Kabupaten Banyumas, terkenal dengan logat ngapaknya yang khas. Selain bahasanya yang unik, Purwokerto juga dikenal dengan sajian kulinernya yang enak. 

Salah satu contohnya adalah tempe mendoan, masakan yang terbuat dari tempe dan tepung (mirip gorengan), namun hanya setengah digoreng. 

Ada juga getuk goreng, jajanan manis yang menjadi oleh-oleh khas Purwokerto. Namun, bukan hanya tempe mendoan dan getuk goreng saja, ada banyak tempat makan menarik di Purwokerto yang patut dikunjungi.

Tempat makan view bagus di Purwokerto beragam. Dari jajanan pinggir jalan hingga kafe dan restoran kelas atas, Anda dapat menemukan semuanya di kota kecil ini. Tempat makan ini tidak kalah dengan restoran di kota-kota besar. 

Aneka makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu juga bisa Anda temui di Purwokerto, dengan cita rasa yang unik dan bernostalgia. 

Beragam kuliner modern dari berbagai negara juga disajikan di beberapa restoran ternama di Purwokerto. Tempat makannya juga memiliki dekorasi dan suasana yang nyaman. 

Rekomendasi Tempat Makan di Purwokerto 

Berikut adalah rekomendasi tempat makan wisata kuliner di purwokerto yang bisa sobat kunjungi, mulai dari pusat kota, pinggir kota sampai daerah dataran tinggi Baturraden :

Lokasi di Purwokerto Kota

1. Bakso dan Soto Sami Asih

Warung bakso dan soto Sami Asih pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Purwokerto. Salah satu warung legendaris di Purwokerto yang selalu dikunjungi pelanggan, khususnya penggemar bakso dan soto. 

Terletak di JL. Pramuka, Sami Asih menawarkan menu bakso dan soto yang menjadi ciri khas soto Sokaraja yang terkenal dengan kelezatannya. 

Soto Sokaraja dikenal dengan kuahnya yang keruh dengan bumbu kacang sebagai pelengkap yang membedakannya dengan soto lainnya. Pilihan daging untuk sotonya adalah ayam dan sapi.

2. Lombok Idjo Selatan Gor Satria

Menu andalan warung ini adalah penyetan khas mereka yang terdiri dari ayam, lele, bahkan tahu dan tempe. Sambal yang digunakan merupakan racikan khas dari Lombok Idjo. 

Meja dan tempat duduk di dalam toko terbuat dari kayu dan ruangannya luas sehingga cocok untuk kumpul keluarga. 

Tersedia juga private room jika ingin menikmati makanan tanpa gangguan. Lokasi pendirian ini berada di JL. Gelora Indah 2, No.7, Purwokerto.

3. Ayam Kaliandra

Jika Anda sedang mencari jajanan kaki lima di Purwokerto, ada banyak pilihan yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Ayam Kaliandra. 

Warung jajanan pinggir jalan yang sudah buka sejak tahun 1998 ini mengkhususkan diri pada masakan berbahan dasar ayam kampung. 

Anda bisa menemukannya di JL. DI Panjaitan Purwokerto, atau tepatnya di perempatan JL. Pramuka dekat Pasar Wage di Purwokerto. 

Ayam kampung dipilih sebagai menu utama karena teksturnya yang empuk dan aromanya yang lebih harum. Ayam Kaliandra buka setiap hari mulai jam 6 sore.

4. Nasi Oplos A'ah Kombas

Tempat makan murah di Purwokerto ini memang sudah sangat terkenal, terutama di kalangan pelajar atau bujet traveller yang mencari kuliner dengan harga terjangkau. 

Kedai Oplos Aah khusus menyajikan nasi goreng oplos yang dimasak bersamaan dengan mie goreng instan. Perpaduan keduanya menghasilkan cita rasa yang unik dan berbeda. 

Porsinya juga lumayan besar dan harga sepiring nasi goreng oplos kurang dari 10.000 rupiah. 

Wow, itu benar-benar murah! Rumah makan yang dikelola oleh Pak Aah dan keluarganya ini terletak di lokasi yang agak tersembunyi, dan Anda mungkin memerlukan bantuan aplikasi untuk menemukannya secara akurat. Anda bisa mengaksesnya dari JL. Kom. BB. Suprapto atau JL. Kombas.

5. Oramen Kebondalem

Oramen adalah restoran yang menyajikan masakan Jepang. Meski ukurannya kecil, restoran ini sangat nyaman untuk makan siang. Harga yang ditawarkan relatif murah, mulai dari Rp 15.000 saja sudah bisa menikmati hidangan khas Jepang Oramen. 

Restoran buka mulai pukul 11:00 hingga 21:00 setiap hari kecuali hari Minggu. Alamatnya adalah Jl. KH. Moch. Safei No.2449, Kebondalem, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

6. Niki Eco Es Durian & Mie

Sejak didirikan pada tahun 1988, Niki Eco Restaurant telah menjadi tempat makan yang legendaris. Pengunjungnya selalu ramai dengan penduduk lokal dan turis. 

Salah satu menu yang wajib dicoba di Niki Eco adalah mie ayamnya. Sambil menikmati bakminya, Anda juga harus memesan es serut durian atau kopyor yang menyegarkan. Mie ayam dan es durian adalah menu khas Niki Eco.

Tempat Makan di Baturraden

1. Goreh Lodeh Kutasari

Tempat makPurwokerto mengadopsi konsep restoran keluarga. Gereh Lodeh dikelola oleh SL Corp yang juga mengusung tema open house dining. 

Bangunan restoran didesain dengan pengaruh budaya Jawa yang kental, terlihat dari penggunaan material kayu yang menonjol. 

Semua item menu yang tersedia disajikan dengan gaya prasmanan, memungkinkan setiap pelanggan untuk membantu diri mereka sendiri. Restoran ini terletak di JL. Moh. Besar No.1, Dusun II Prompong, Kutasari, Baturaden.

2. Kopi Keprok Karanggintung Sumbang

Masih mencari tempat makan Purwokerto dengan konsep dan suasana yang unik? Nah, kamu bisa menuju ke Kopi Keprok yang berlokasi di JL. Raya Karanggintung, Kedung Malang, Sumbang. Konsep tempat ini adalah ruang terbuka dengan warung kecil yang terletak persis di tengah sawah. 

Nuansa Jawa dan klasik bangunannya kental, mengingatkan kita pada rumah nenek kita. Cobalah menu khas mereka, Es Kopi Keprok (es kopi dengan susu dan gula aren). Jangan lupa untuk mencicipi aneka masakan khas desa seperti sayur asam sop, ayam dan ikan goreng, serta aneka sambal pilihan.

3. Mang Engking Pabuaran

Restoran Gubung Mang Engking didesain dengan tema pedesaan yang asri. Menawarkan suasana yang tenang lengkap dengan kolam ikan, gazebo, dan dekorasi interior yang melengkapi suasana pedesaan. Tempat ini cocok untuk acara keluarga atau kantor. 

Restoran buka dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam, dan tarif harganya mulai dari Rp. 20.000. Ini alamatnya: Jl. Profesor DR. HR Boenyamin, Sumampir Wetan, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Red Chili Pandak Baturraden

Restoran bertema taman ini sangat cocok untuk acara ulang tahun atau pernikahan. Dengan menu yang beragam mulai dari Rp. 15.000, beralamat di Jalan Raya Baturaden No.KM. 6, Karang Blimbing, Pandak, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. Taman Langit Resto

Destinasi milenial yang menawarkan pemandangan spektakuler kota Purwokerto dari atas. Anda juga bisa mengabadikan momen berkesan di sini, dan harga menunya mulai dari Rp. 15.000. Restoran ini terletak di Dusun II, Kebumen, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tempat Makan Dekat Alun Alun Purwokerto

1. Soto Jalan Bank

Kalau bicara kuliner legendaris di Purwokerto, tempat makan ini pasti juaranya. Warung soto ayam Haji Loso yang juga dikenal dengan Soto Jalan Bank ini telah beroperasi sejak tahun 1970-an. 

Soto yang disajikan adalah soto ayam khas Banyumas yang berbeda dengan menu soto lainnya. Perbedaan yang mencolok adalah penggunaan bumbu kacang. 

Satu porsi soto berisi bihun, taoge, suwiran ayam, disajikan dengan kuah kaldu yang nikmat dan ditaburi bawang goreng dan daun bawang. Rasanya yang segar dan gurih berpadu di mulut, menciptakan jejak rasa yang nikmat.

2. Bakso Pekih Dekat Alun-Alun

Warung bakso (bakso) yang satu ini cukup populer di Purwokerto. Kuah Bakso Pekih bening dan segar, harganya mulai dari Rp15.000. 

Buka dari jam 09.00 sampai 20.00 Tempatnya cukup luas, namun saat jam makan siang, Anda mungkin harus mengantri. Ini alamatnya: Jl. Pekih, Purwokerto, Sokanegara, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tempat Makan Dekat Unsoed

1. Waroenk Ora Umum

Tempat ini biasa dikunjungi oleh para mahasiswa untuk nongkrong atau mengerjakan tugas. Menampilkan konsep kafe yang trendi dan menawarkan beragam pilihan menu mulai dari Rp. 10.000. 

Anda bisa mengunjungi tempat ini di Jl. DR. Soeparno No.98, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Mie Gacoan Purwokerto

Mie Gacoan di Purwokerto adalah rumah makan yang menawarkan aneka hidangan bakmi dan fast food dengan harga terjangkau yang tidak akan menguras kantong Anda.

Tempat Makan Dekat Taman Kota

1. Korean Garden BBQ

Sebagai restoran Korea pertama di Purwokerto, tempat ini memiliki suasana yang nyaman dan luas. Bersiaplah untuk menghabiskan sekitar Rp. 100.000 untuk item menu. Restoran ini terletak di Windusara, Karangklesem, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Oemah Daun Selatan Andang Pangrenan

Sedang mencari tempat untuk berkumpul bersama keluarga, teman, atau rekan bisnis? Oemah Daun berlokasi di JL. KH Wahid Hasyim No. 101-103, Karangklesem, Purwokerto adalah pilihan yang ideal. Tempat makan ini memiliki setting yang luas dan nyaman. 

Selain itu juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya, seperti taman bermain anak-anak dan arena billiard. 
Anda dapat memilih untuk bersantap di dalam atau di luar ruangan. Untuk bersantap di dalam ruangan, makanan akan disajikan di atas meja panjang, sedangkan untuk bersantap di luar ruangan, Anda dapat menikmati makanan di tempat duduk bergaya lesehan tradisional. 

Beberapa makanan khas di Oemah Daun antara lain ayam pesmol, soto bakar, dan nasi goreng dengan berbagai pilihan rasa.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai rekomendasi tempat makan di purwokerto beserta dengan kategori wilayahnya. Semoga artikel ini bisa membantu sobat kuliner yang ingin mencari wisata kuliner makan di kota Purwokerto

Posting Komentar untuk "16 Rekomendasi Tempat Makan di Purwokerto "