Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Kuliner Legendaris Purwokerto Jadi Ingat Jaman Dulu

 

Hello sobat kali ini akan berbagi mengenai kuliner legendaris Purwokerto jaman dulu yang menjadi icon sekaligus legenda di Purwokerto

Purwokerto memiliki keunikan serta keistimewaannya sendiri. Purwokerto ialah kota dari Kabupaten Banyumas. Nama Purwokerto sendiri lebih terkenal dari Banyumas.

Wisata kuliner Purwokerto terlist tujuan menarik para turis dari luar kota. Wisata kuliner Purwokerto banyak ditemui di selama jalur kota Purwokerto serta banyumas. Sebagian kuliner Purwokerto pula telah populer di luar daerahnya.

Wisata kuliner Purwokerto apalagi berikan bukti diri tertentu untuk kota yang populer dengan aksen ngapak ini. Wisata kuliner Purwokerto memiliki macam tipe serta cita rasa. Mulai dari santapan ringan sampai berat, wisata kuliner Purwokerto tidak boleh begitu saja dilewatkan.

Kuliner Legendaris Purwokerto

Kuliner Legendaris Purwokerto Daerah Banyumas

1. Mendoan

Mendoan merupakan wisata kuliner Purwokerto yang sangat terkenal. Banyak pencinta kuliner mencari hidangan ini dikala berkunjung ke Purwokerto. Mendoan pada dasarnya merupakan olahan tempe goreng. Perbandingan mendoan dengan tempe goreng umumnya merupakan pada metode memasaknya.

Tempe digoreng separuh matang sehingga teksturnya masih terasa lembut. Tipe tempe buat mendoan juga berbeda. Tempe yang digunakan tidak padat semacam tempe biasa. Tempe terbuat lembaran tipis serta lebar dan dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya juga bukan memakai tepung terigu, melainkan tepung beras.

2. Nopia

Nopia ialah wisata kuliner Purwokerto yang dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah. Adonan terbuat bundar, kemudian ditempelkan ke gentong yang dibuat dari tanah liat yang terbakar di atas kayu. Nopia mempunyai rasa manis khas gula merah. Sekilas nopia mirip dengan bakpia khas Jogja. Cuma saja kulit nopia lebih padat sebaliknya bakpia lebih berlapis.

3. Tegean

Tegean ialah salah satu wisata kuliner Purwokerto yang sekilas mirip dengan sayur bening biasa. Kuliner ini memanglah simpel tetapi telah tidak asing lagi untuk masyarakat Purwokerto. Tegean ialah sayur bening yang berisi beragam sayur- mayur, diracik memakai bumbu simpel.

Tegean umumnya berisi bayam, kecambah, katuk, wortel, kedelai gelap, jagung. Tegean umumnya diberi bumbu awang merah serta bawang putih, sebagian terdapat yang dicampur daging sapi ataupun ayam.

4. Keripik tempe

Tidak hanya mendoan, kalian pula dapat menciptakan olahan keripik tempe di Purwokerto. Di wilayah Purwokerto, banyak populer dengan sentra keripik tempe. Kalian bisa menciptakan kemilan ini di pusat oleh- oleh ataupun pasar di Purwokerto.

Keripik tempe khas Purwokerto pula memiliki keistimewaan sendiri. Dalam proses menggoreng keripik, tempe digoreng separuh matang. Baru sehabis dingin, tempe digoreng lagi. Tipe tempe yang digunakan buat keripik tempe ialah tipe yang sama dengan olahan tempe mendoan.

5. Kraca

Wisata kuliner Purwokerto yang istimewa yang lain merupakan kraca. Kraca merupakan olahan keong sawah yang dimasak dengan bumbu kuah pedas sepeti cabai, garam, pala, perica, bawang, lada, serta rempah yang lain. Bumbu rempah yang kokoh ini berikan sensasi pedas serta panas sampai kerongkongan.

Kudapan ini banyak ditemui di selama jalur Purwokerto serta Banyumas. Kraca sangat kerap ditemui dikala bulan Ramadan datang.

6. Themlek

Themlek, themek, ataupun ranjem ialah kemilan khas Purwokerto, Banyumas. Themlek dibuat dari sisa ampas ketahui yang diolah bersama bumbu rempah. Adonan themlek setelah itu dibangun bundar serta dicelup pada adonan tepung kemudian setelah itu digoreng.

7. Buntil

Wisata kuliner Purwokerto berikutnya merupakan buntil. Kuliner ini berisi parutan kelapa, ikan teri, serta bumbu yang setelah itu dibungkus serta diikat dengan daun pepaya, singkong, ataupun talas. Gulungan ini setelah itu direbus dalam kuah santan.

Buntil umumnya dimakan bersama kuah santan yang gurih. Sekilas buntil mirip hidangan bothok, yang membedakan merupakan daun pembungkusnya yang dapat ikut dimakan. Buntil banyak jadi menu di warung kaki 5 ataupun restoran di selama jalur Purwokerto serta Banyumas.

8. Dage

Wisata kuliner Purwokerto yang terakhir merupakan dage. Santapan ini dibuat dari bungkil ataupun ampas kacang. Sebagian tipe dage dibuat dari ampas ketahui ataupun kelapa. Dage jadi salah satu santapan yang yang terkenal disamping mendoan.

Dage biasa diolah dengan carai digoreng sampai matang. Dage pula dapat ditemui dalam wujud keripik buat oleh- oleh.

9. Jenang Jaket

Jenang jaket ialah kuliner yang dibuat dari gula merah, santan kelapa serta pula beras ketan. Jaket ialah singkatan dari jenang asli ketan. Jenang jaket biasa dibungkus memakai kertas kecil dengan jatah sekali makan. Tekstur jenang jaket mirip dengan dodol ataupun wajik, jenang ini sering dibalut wijen serta tidak gampang lengket dikala dimakan.

10. Cenil

Cenil yang pula terkategori santapan khas Purwokerto ini mempunyai tampilan yang unik serta menawan. Tampak dengan bermacam warna yang menarik dan mempunyai tekstur yang kenyal, sehingga membuat santapan ini lumayan digemari. Bahan- bahan yang diperlukan buat membuat kemilan ini merupakan singkong, tepung kanji, daun pandan serta kelapa yang diparut.

Tidak hanya itu, cenil terdapat yang disajikan dengan gula pasir ataupun terdapat pula yang disajikan dengan gula aren cair buat sausnya. Jadi, kalian lebih suka cenil dengan pasir biasa ataupun dengan gula aren cair?

11. Jalabiya

Jalabiya merupakan singkong yang dibangun menyamai donat. Terdapatnya isian gula merah membuat cita rasa yang lengkap selaku santapan khas Purwokerto. Apakah kalian sempat mencobanya?

12. Combro Purwokerto

Santapan khas Purwokerto selanjutnya merupakan combro. Santapan ini bisa jadi telah lumayan sering di dengar. Tetapi, combro khas Purwokerto mempunyai perbandingan dengan yang terdapat di daerah lain ialah berupa lonjong serta dibuat dari singkong yang diparut kemudian dihilangkan isi airnya. Saat sebelum digoreng combro ini dilengkapi dengan adonan oncom di dalamnya yang lezat serta pedas.

13. Kampel

Dalam bahasa lokal Banyumas, kampel berarti peluk. Santapan khas ini terdiri dari ketahui, dage, serta tempe. Terlebih lagi, santapan ini dapat dibilang sangat cocok disajikan di dikala kegiatan keluarga.

Itulah berbagai kuliner legendaris di purwokerto, untuk yang sedang mencari perumahan purwokerto angsuraan 1 jutaan bisa cek di tag perumahan subsidi purwokerto

14. Kluban Purwokerto

Santapan khas berikutnya dari Purwokerto merupakan kluban. Kluban ialah santapan khas Purwokerto yang dapat dibilang nyaris mirip dengan salad. Santapan ini berperan selaku pasangan nasi serta dibuat dari aneka berbagai sayur- mayur semacam kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, serta daun singkong. Berbeda dengan salad, santapan ini disajikan dengan metode direbus serta setelah itu dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu sambal.

Kuliner Legendaris Purwokerto Banyumas Daerah Sumpiuh

1. Sate Bebek Tambak

Tidak hanya soto, hidangan yang dapat ditemui di wisata kuliner Purwokerto merupakan sate bebek. Sate ini dibuat dari daging bebek yang lembut. Bebek yang digunakan merupakan bebek yang masih muda sehingga mempunyai daging yang empuk. Sate bebek Tambak umumnya sediakan 2 berbagai bumbu.

Bumbu sate bebek antara lain merupakan bumbu kecap dengan potongan cabai rawit pedas serta bumbu kacang yang kental. Terdapat puluhan orang dagang mulai dari model warung kecil, tenda, sampai restoran yang menjajakan sate bebek di selama pinggir jalur utama Ibukota Kecamatan Tambak, ataupun jalan utama Purwokerto- Yogyakarta.

Kuliner Legendaris Purwokerto Banyumas Daerah Sokaraja

1. Gethuk Goreng

Wisata kuliner Purwokerto satu ini sempat diusulkan selaku peninggalan budaya nasional bukan barang( intangible) oleh Direktorat Internalisasi Nilai serta Diplomasi Budaya Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan( Kemendikbud) RI. Getuk goreng jadi incaran oleh- oleh turis yang lagi berkunjung ke kota ini.

Gethuk Goreng mempunyai rasa manis serta gurih dibuat dari singkong serta gula kelapa. Gethuk Goreng Sokaraja telah melegenda serta jadi bagian tidak terpisahkan dari Purwokerto serta Banyumas.

2. Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja ialah wisata kuliner Purwokerto yang sangat banyak dicari. Untuk kalian pencinta soto, Sroto Sokaraja tidak boleh dilewatkan dikala terletak di kota ini. Sroto Sokaraja banyak ditemui di selama jalur kota Purwokerto serta Kabupaten Banyumas.

Berbeda dengan soto di wilayah lain yang memakai nasi, Sroto Sokaraja diisi dengan potongan ketupat. Potongan ketupat dicampur dengan irisan daging ayam ataupun sapi, sohun, tauge, daun bawang, serta aneka kerupuk. Kombinasi ini setelah itu disiram kuah kaldu sapi ataupun ayam yang gurih. Sroto Sokaraja begitu istimewa dengan bonus bumbu kacang pada kuahnya yang berikan tekstur kental serta fresh.

Penutup

Demikian artikel mengenai kuliner legendaris Purwokerto yang sangat melegenda ini. Semoga bisa menjadikan referesi dan bermanfaat bagi para pencari kuliner 



 

Posting Komentar untuk "17 Kuliner Legendaris Purwokerto Jadi Ingat Jaman Dulu"