Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapat Mencegah Depresi! 8 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun merupakan minyak yang terbuat dari lemak buah zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak serbaguna, karena dapat digunakan untuk memasak, dikonsumsi sebagai campuran makanan dan juga bermanfaat untuk kecantikan.

Minyak zaitun memiliki beberapa jenis, yaitu extra virgin oil, virgin olive oil, refined olive oil, pure olive oil, light olive oil, dan pomace olive oil.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi menurunkan kolesterol.

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat mencegah depresi. Hal ini dikarenakan minyak zaitun melindungi sistem saraf dan berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan.

Selain untuk mengurangi resiko depresi, minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu:

1. Mencegah Stroke

Penyakit stroke terjadi karena adanya kerusakan di otak akibat gangguan aliran darah. Dilansir dari WHO, penyakit stroke merupakan penyebab kematian paling umum kedua di negara maju.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat mencegah terkena penyakit stroke. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya.

2. Mencegah penyakit jantung

Menurut sebuah studi observasi yang dilakukan beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara Mediterania.

Hal ini dikarenakan masyarakat Mediterania suka mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin sebagai salah satu bahan utama diet mereka.

Minyak zaitun juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor resiko terkuat penyakit jantung dan kematian dini.

3. Mencegah alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental lainnya. Hingga saat ini obat untuk penderita alzheimer belum ditemukan.

Oleh sebab itu perlu adanya pencegahan sejak dini agar alzheimer tidak menimpa kamu sewaktu – waktu.

Salah satunya menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun dapat melindungi pembuluh darah di otak. Minyak zaitun kaya akan oleocanthal yang dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan alzheimer.

Oleocanthal merupakan senyawa fenolik yang terdapat di dalam minyak zaitun extra virgin.

4. Mengobati penyakit autoimun

Minyak zaitun terbukti mampu mengobati penyakit autoimun yaitu arthritis rheumatoid yang ditandai dengan persendian yang bermasalah dan terasa nyeri.

Minyak zaitun akan lebih jika dikonsumsi bersamaan dengan minyak ikan. Sebuah penelitian bahwa minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan genggaman tangan, nyeri sendi, dan kekuatan pagi hari pada penderita rheumatoid arthritis.

5. Mencegah kanker

Zat yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun mampu mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai pemicu utama kanker.

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya salah satunya adalah helicobacter pylori yaitu bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan sakit maag dan kanker perut.

Meskipun minyak zaitun dikonsumsi secara rutin, kamu tidak perlu takut akan kenaikan berat badan atau obesitas. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet kaya minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah serta penurunan berat badan.

6. Menurunkan Kolesterol

Salah satu khasiat utama yang didapatkan dari mengkonsumsi minyak zaitun merupakan merendahkan kolesterol dalam darah. Perihal ini sebab minyak zaitun memiliki kombinasi antioksidan yang bisa merendahkan kolesterol kurang baik( LDL), sekalian mempertahankan kandungan kolesterol baik( HDL) dalam badan.

7. Menghindari Obesitas

Masih soal antioksidan, isi antioksidan yang lumayan besar dalam minyak zaitun bisa menolong pengolahan lemak dalam badan. Perihal ini pasti hendak berakibat baik dalam melindungi berat tubuh serta menghindari kegemukan. Terlebih bila diimbangi dengan pola makan sehat serta berolahraga teratur.

8. Mengatur kandungan gula darah

Suatu studi menampilkan kalau orang yang menempuh pola makan sehat secara teratur, tercantum dengan komsumsi minyak zaitun, mempunyai kandungan gula darah yang lebih terkendali. Perihal ini menjadikan minyak zaitun berguna buat merendahkan resiko terbentuknya diabet.

Berikutnya, buat membenarkan mutu minyak zaitun, kalian dapat mencobanya dengan metode menelan sebagian sendok makan minyak zaitun. Minyak zaitun bermutu besar hendak berikan rasa sedikit pedas di lidah dikala dicicipi.

Dalam konsumsinya, minyak zaitun( kecuali extra virgin) dapat dipakai buat menumis serta memanggang. Tetapi, lebih baik pakai minyak zaitun langsung pada santapan semacam meningkatkannya pada sayur- mayur selayaknya membuat salad. Karena, isi polifenol pada minyak zaitun bisa rusak bila dipanaskan dalam temperatur yang sangat besar.

Posting Komentar untuk "Dapat Mencegah Depresi! 8 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh"